Advertisements
 

Biografi Chairil Anwar (1922 – 1949)


Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Julai 1922. Dia dibesarkan dalam keluarga yang cukup berantakan. Kedua ibu bapanya bercerai, dan ayahnya berkahwin lagi. Selepas perceraian itu, saat habis SMA, Chairil mengikut ibunya ke Jakarta.

Semasa kecil di Medan, Chairil sangat rapat dengan neneknya. Keakraban ini begitu memberi kesan kepada hidup Chairil. Dalam hidupnya yang amat jarang berduka, salah satu kepedihan terhebat adalah saat neneknya meninggal dunia. Chairil melukiskan kedukaan itu dalam sajak yang luar biasa pedih:

Bukan kematian benar yang menusuk kalbu/ Keridlaanmu menerima segala tiba/ Tak kutahu setinggi itu atas debu/ Dan duka maha tuan bertahta

Sesudah nenek, ibu adalah wanita kedua yang paling Chairil puja. Dia bahkan terbiasa membilang nama ayahnya, Tulus, di depan sang Ibu, sebagai tanda menyebelahi nasib si ibu. Dan di depan ibunya, Chairil acapkali kehilangan sisinya yang liar. Beberapa puisi Chairil juga menunjukkan kecintaannya pada ibunya.

Sejak kecil, semangat Chairil terkenal kedegilannya. Seorang teman dekatnya Sjamsul Ridwan, pernah membuat suatu tulisan tentang kehidupan Chairil Anwar ketika semasa kecil. Menurut dia, salah satu sifat Chairil pada masa kanak-kanaknya ialah pantang dikalahkan, baik pantang kalah dalam suatu persaingan, maupun dalam mendapatkan keinginan hatinya. Keinginan dan hasrat untuk mendapatkan itulah yang menyebabkan jiwanya selalu meluap-luap, menyala-nyala, boleh dikatakan tidak pernah diam.

Rakannya, Jassin pun punya kenangan tentang ini. “Kami pernah bermain bulu tangkis bersama, dan dia kalah. Tapi dia tak mengakui kekalahannya, dan mengajak bertanding terus. Akhirnya saya kalah. Semua itu kerana kami bertanding di depan para gadis.”

Wanita adalah dunia Chairil sesudah buku. Tercatat nama Ida, Sri Ayati, Gadis Rasyid, Mirat, dan Roosmeini sebagai gadis yang dikejar-kejar Chairil. Dan semua nama gadis itu bahkan masuk ke dalam puisi-puisi Chairil. Namun, kepada gadis Karawang, Hapsah, Chairil telah menikahinya.

Pernikahan itu tak berumur panjang. Disebabkan kesulitan ekonomi, dan gaya hidup Chairil yang tak berubah, Hapsah meminta cerai. Saat anaknya berumur 7 bulan, Chairil pun menjadi duda.

Tak lama setelah itu, pukul 15.15 WIB, 28 April 1949, Chairil meninggal dunia. Ada beberapa versi tentang sakitnya. Tapi yang pasti, TBC kronis dan sipilis.

Umur Chairil memang pendek, 27 tahun. Tapi kependekan itu meninggalkan banyak hal bagi perkembangan kesusasteraan Indonesia. Malah dia menjadi contoh terbaik, untuk sikap yang tidak bersungguh-sungguh di dalam menggeluti kesenian. Sikap inilah yang membuat anaknya, Evawani Chairil Anwar, seorang notaris di Bekasi, harus meminta maaf, saat mengenang kematian ayahnya, di tahun 1999, “Saya minta maaf, karena kini saya hidup di suatu dunia yang bertentangan dengan dunia Chairil Anwar.”


Rahsia Tarikh Lahir. Keterangan lanjut, sila klik sini.

Advertisements

299 Responses to Biografi Chairil Anwar (1922 – 1949)

  1. rie kaede says:

    huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……………..

    gue terharu bacanya……………………………………………

    ampe berderai-derai ni air mata……………………………………………

  2. ami says:

    hidup memang seperti gelombang air laut…

  3. nel pet says:

    ck…..ck….!!!!
    tterharu dCgh

  4. Konflik adalah dunia yang terus ada bagi orang yang bergelut dalam bidang seni, sebagai percik dalam proses kreatif berkarya.

  5. Elrich says:

    Keren abis…..
    Nyawa tak isa selamanya tapi sejarah bertahan selamanya… hix2 so touchy

  6. soelist says:

    Engkau debu yang menderu, dan terus berlari. Untuk 1000 tahun lagi kata mu.
    Engkau bakal tiada hilang, memang, selama bahasa melayu berdendang,
    Kelantangan mu dan ketragisan mu, meninggalkan bilah pisau dan celah luka,
    yang pahit mu, harap tak kami ulang.

  7. Gita says:

    Sedih banget…..

    pergi dengan begitu cepat dalam umur yang nggak kita sangka-sangka.

    Hidup dalam deru keluarga yang tak diinginkan setiap anak manusia.

    Tapi, tetap dari semuanya….aku menjunjung semua karyanya…..

    Yang menurutku begitu indah….

  8. tasaa says:

    chairilll ?
    tmenn gue waktu duluu .
    knpaa si loo pindahh ?

  9. kaka says:

    wah emang hebat ya chiril anwar tuh ku ja seneng ma puisi yang judulnya aku.pokoknya beliau hebat bgt deh

  10. DEE says:

    Hidup tiap orang memang tdk sama. kebetulan Chairil Anwar mendapatkan hidup yang bisa dibilang cukup menderita. tapi justru karena itulah ia dapat menjadi seorang yang melegenda, serta tetap menghargai orang tuanya.
    Salut bro!

  11. Maximus says:

    Hidup memang tanpa beban memang tidak mengasyikan tanpa hidup tanpa rasa .Chairil anwar memang tokoh pergerakan dalam sastra.Saya suka dalam hasil yang tlah diciptakannya.

    666

  12. arinz says:

    chairil anwar….
    he’s my inspiration,,
    namanya seperti nama ayahku,,

  13. Stella DR says:

    Chairil Anwar bagiku adalah sosok yang bisa dijadikan teladan dalam melatih imajinasi,perasaan,dan rasa.Aku suka puisi2 Chairil Anwar, apalagi yang berjudul AKU.Sangat menyentuh hati.

  14. Irfan Muchlis says:

    Chairil Anwar bagi saya adalah seorang yang baik dijadikan contoh karena ia telah mengharumkan bangsa Indonesia di mata Dunia dan ia akan selalu dikenang oleh setiap generasi Indonesia sebagai anak Emas dalam bidang Sastra Indonesia

    Chairil…..!!!!!!!!!!

  15. hinry says:

    ku mungkin hanya sejutaan pendamba mu
    kau yang berjuang dari literan tinta yang tertuang
    ku coba teladani laku mu di luasnya fana

  16. Ita Saripati says:

    Chairil Anwar, walaupun sekarag sudah tiada namun ia selalu hidup di dunia sastra kita. Semangatnya dalam puisi patut kita teladani

  17. bodrox says:

    Chairil Anwar, dia adalah tipe penyair pemberontak. Jelas saat itu adalah masa awal kemerdekaan RI, dan dia merupakan angkatan ’66, dikatakan sebagai generasi pembaharu. Sajak-sajaknya adalah sajak-sajak kemerdekaan, walaupun dalam versi chairil. Salute
    Bung ajo Bung!!!

  18. andari kakashi says:

    Chairil Anwar adalah idolaku yg sering dia dibilang bombastis dan liar. Memang benar, dia sangat bombastis dengan melahirkan sajak-sajaknya yg dapt membuat orang tercengang.
    Berkat dia, inspirasiku untuk menulis puisi selalu hadir dalam jiwaku.
    Always admire him!!!!

  19. M.Y.BUDIONO says:

    sebenarnya dari segi bahasa yang terkesan cerdas dan terbuka adalah kemudahan bagi kritikus untuk membuka tabir-tabir yang tidak benar-benar gelap tentang apa yang dia kemukakan. Menurut hemat saya tidak sungguh-sungguh bahwa puisi-puisinya menyampaikan suatu gagasan yang amat sangat sulit untuk didepenisikan. dan jika kita melihat dengan lebih teliti hasil karya para penyair masa kini justru memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk didepenisikan.Dari sekian catatannya lebih mengajarkan tentang kejujuran dalam berbahasa,cerdas,kuat,bening,indah,dan selalu mudah untuk direkam dalam ingatan. Kekecewaan saya adalah,mengapa orang-orang yang gugur terbunuh dalam pertempuran akan diangkat menjadi pahlawan oleh pihak negara,padahal sebelum ia terbunuh ia juga telah membunuh,baik membunuh urat darah maupun kebebasan berkarya,mengapa para penyair atau seniman budayawan tidak diangkat menjadi pahlawan,Chairil anwar misalnya,Wiji thukul yang hilang,

  20. Nurudin Arif says:

    bahasa yang penuh sengat membara yang tak kan kenal padam, chairil anwar.

  21. aZtRey says:

    gak nyangka seorang sastrawan yang sangat terkenal dan sangat di kagumi begitu ironizz na kisah perjalan hidupnya…..
    sedih juga she paz membacanya tpy gak terlalu berkepanjangan kok
    walau umurnya yang begitu singkay tpy karya2 nya tidak begitu singkat di kenal orang2/karyanya yang begitu di kenal masyarakat dunia yang begitu menyentuh haty walau hanya beberapa kata.
    karya nya gak akan ku luapa khan sampai kapan pun.
    KARYAMU TAK KHAN TERHAPUS DI DALAM OTAK KU YANG JERNIH INI
    DAN KARYA ATAU DIRI MU AKAN SLALU DI KENANG SAMPAI KAPAN PUN
    TAK KHAN SESINGKAY UMUR MU…..
    BEGITU BERHARGANYA DIRI MU UNTUK MASYARAKAT DUNIA.

  22. @rif says:

    saya sangat terharu mendengar kisah hidup Chairil Anwar. Semoga kisah hidupnya bsa dijadikan pelajaran di masa mendatang

  23. engga says:

    bagus dikit

  24. della(kps) says:

    chairil anwar……!!!hm…itu sastrawan yang berbakat banget,kagum dech sama karya-karya chairil anwar apa lagi karyanya yg berjudul kerawang bekasi.saya jadi terharu setelah mengetahui kisah hidup chairil anwar

  25. radan riddle says:

    aku tak terlalu kenal dengan chairil anwar,tapi yang pasti saya senang membaca karya karya nya………
    saya sangat suka sastra dan mungkin saya akan lebih hebat darinya……
    menurutku chairil adalah seorang yang misterius begitu juga dengan karya karya nya

  26. iraa says:

    waaa !! sayya terharru ..
    semuga saja ad seseorang yg nntinyah bisa mneruskan prjuangan Chairil Anwar
    dlam mmbuat puisi” kellen .. haha .

  27. arimbi says:

    Beliau benar-benar penyair sejati,,,
    Hidupnya didedikasikan penuh untuk puisi, bukan hanya sebagai hobi atau sampingan,,,
    Ia hidup untuk puisi,,,
    Salut.

  28. anggi says:

    Keren abis sew

  29. arneta says:

    waaaaw….kayanya itu gambaran aku kalo ditanya soal chairil anwar.
    puisi-puisinya keren bngt,apalagi yang judulnya aku n doa.
    chairil anwar…,subhanallah dy penyair yg hebat.
    puisinya akan dikenang orang

  30. yolanda says:

    menurut saya chairil sangat ….. tapi karya2 nya mempunyai penggemar yang lumayan banyak.saya sangat meng-idolakan dia.yg saya idolakan adalah karya2 nya yg sangat2 keren abissss!

  31. vy says:

    emang,hidup itu ga mudah…
    kadang susah,kadang sedih,kadang suka,kadang senang…
    qta ga bisa ngindar dari semua itu…
    qta hanya bisa lliat k’depan,en trus maju ngejalanin hidup nie dengan smua kesanggupan qta…
    “CHAYO!!!!!”

  32. die says:

    salute to chairil anwar. buat para penyair di indonesia ayo tunjukin apresiasi kalian…!!

  33. sumiyem says:

    mbuh enyong ora ngerti.sampean bahasane angel mboks
    toli enyong ora mudeng kandane sampean maksude kepriwe
    mbok ya angger nggawe puisi sing jelas ya kena oh
    dadine enyong mudeng oh um……

  34. lely says:

    kau sukar mahu membuat penulisan itu hidup
    jika kau tidak merasa kesakitannya..

  35. Charly says:

    Q saluTtTtt…BAnget ma puizi lar
    karangan chairil,coz baguz2
    q pengen maz syamsyul dger s
    smuany,agar dy tao pa isi hati
    ti q..Maz syamsyul emMmuaCH

  36. feryssss says:

    Bung Minta Ijin Masukin Link Blognya di Blog aq ya….Thanks

  37. wireasta says:

    saya suka sangad baca buku chairiL anwar .
    smpai2 saya punya cita2 untuk bertemu chairiL anwar .
    tetapi seteLah saya melihat biografi
    chairiL anwar di internet , dan saya
    tau ternyata beLiau teLah meninggaL , saya bnr2 terkejut .
    pdhL saya ingin sangad bertemu dgnnya .
    dan begitu membaca semua ttg beLiau , saya bnr2 terharu .
    hpd bagaikan roda iang berputar .

  38. shean says:

    SUKA!!!!
    Semoga dimaapkan dosa-dosanya,,, amind………

  39. winars says:

    aku hampir seusia dia, tetapi tak sebaris kalimatpun mampu kurangkai dan diingat oleh orang lain…

  40. kampreed says:

    chairil anwar..

    satu kata bwatnya

    MERDEKA!!!

    Kamu inspirasiku setelahNabi Muhammad

    Kalo boleh??hhe5

    Liarrr,aku suka` beliau….!!!!!

  41. gina juliana says:

    CHAIRIL ANWAR THE BEST BANGET DECH..
    aku suka puisinya yang berjudul “AKU” kenapa, karena aku pernah mengikuti lomba musikalisasi puisi bareng anak band seven five, karena aransemen lagunya cuma punya waktu 5 menit, jadi ya… juara harapan 1 maklum ngedadak banget.
    tapi ok lah…
    thanks to 4jj thank buat CHAIRIL ANWAR, thanks buat SEVEN FIVE and makasih banyak buat keluargaku semuanya.
    salam az buat anak-anak SMK NEGERI 1 KATAPANG.

  42. gina juliana says:

    “SEMOGA BAHAGIA DI SISI ALLAH, MESKIPUN ENGKAU KURANG BAHAGIA DALAM HIDUPMU DIDUNIA,
    HIDUP DIDUNIA SEKEJAP SAJA, SEKEDAR MAMPIR LALU KEMBALI
    SUATU APA YANG AKAN DIBAWA PULANG TERGANTUNG AMAL DAN PERBUATAN.”
    PERBUATANMU TELAH MENGHARUMKAN NAMA BANGSA
    SEMOGA ENGAKU BAHAGIA DIATAS SANA

  43. billy says:

    hmmm…..
    orang yang hebat….
    bangkit dari kepedihan….

  44. Izmi says:

    Dia adalah masternya sastra kali yah ….
    Abisnya karya-karya legendnya ngga abis-abis buat dibaca orang sampe hari gini sih…

    Kalo kata Megy Z “DAHSYATNYA !!!!”

    Top dah !!!

  45. otha says:

    ternyata masih ada orang indonesia kyk chairil anwar

  46. chanif says:

    chairil adalah penyair yang tak akan dapat tergantikan ke khasannya dalam menyampaikan puisi. karekter chairil sangat kuat di setiap sajak2nya

  47. taka_no3 says:

    biografinya masih kurang lengkap,banyak hal yang belum dijelaskan dari biogrfi cairil anwar ini????????bisa dijelaskan lebih lanjut

  48. Aji iskandar says:

    fantastis,,,,,
    manis….
    cukup romantis apa yang km buat….

  49. waaAAAAaaaaaaAaaaawwwwWWWw…….

    9iLe kyenzZzz bUab9etTttzzz
    jd terharu negh…

    tp 9 jLaz mksud’y pa cii…
    pi sumpah t’haru…

  50. Robby says:

    tolong dong kirimin puisi dengan judul “Aku”ya pliss penting ni

  51. Robby says:

    tolong dong kirimin puisi “aku” ke email ini

  52. DiNNiE CuTe says:

    Nie bNR2 T’HRu BgEud!!! Biz Puisi_a toe Loh!!! NgeNa Bgeud D Ht NiE!!! TLNg kRimiN Puisi “AKU” Ke E-MaiL NiE yach!!!

  53. Lindz Lavigne says:

    So sweeeeeeettttttttt…………….!!!!!!!!!

  54. eLiZaBhhh says:

    huKZZzzzzzz….

    seDih jg bcnY….

    saLutTTttt…..saLuuTTTT……
    puisinY bgus2….

  55. Roosdiana says:

    Lewat ruang ini, aku kirim salam buat penggemar Chairil Anwar untuk minta pembahasan puisi AKU (unsur intrinsik dan ekstrinsik) sehubungan dengan Bimbingan Belajar Materi Bahasa dan Sastra Indonesia SMAN 1 Srono menjelang UAN 2007-2008 yang dibuat SSC.

    Terima kasih yang memberi jawaban pertanyaanku. Salam juga buat Ahmadun Yosi Herfanda Sastrawan Nasional yang pernah tatap muka pada Lokakarya Sastra di Genteng – Bwi.

  56. Av_RIezHa says:

    Chairil Anwar,,,bagiku karya2 beliau cocok dibuat contoh bagi kalangan muda zaman sekarang yang mencintai sastra dalam menciptakan inspirasi berkarya.

  57. asro says:

    julukan yang indah bagi seorang sastrawan.
    “binatang jalang”.
    julukan yang sangat mendalam maknanya.
    beribu-ribu terimakasih yang tak berujung ku lontarkan pada beliau, duhai gurulu.
    karena mu lah rasa di hatiku bergerak.
    karena mu lah khayal di kepalaku bangun.
    karena mu lah tetesan tinta menghiasi buku ku.
    aku berharap langkahku berbunga di telapakku.

  58. Dia sejenis dengan yang hilang
    Dia datang dari yang pergi
    Dia hidup dalam hidupku.

  59. najZzzz says:

    saLuutt….
    puiSinY bguss,, sangath menyentuh ke hati..

    pukuk`E salutt

  60. Syah says:

    Saya sangat terharu setelah membaca biografi dari Chairil Anwar perjalanan hidup yang sangat menyedihkan, yang bisa membuat pembacanya sangat terharu, bahkan bisa menangis.
    mungkin pada saat ini jarang ditemukan orang seperti dirinya, bahkan mungkin tidak ada.
    Saya sangat mengagumi sosok seorang Chairil Anwar.
    Saaaaaaaaaaaaaluuuuuuuuuuuuut bangeeeeeeeeeeets

  61. Syah says:

    saluuuuuuut banget sama karya sastra dari Chairil Anwar, salah satunya “PUISI”
    oia tolong dong kirimin puisi-puisi tentang cinta
    please……………………….

  62. tika says:

    AQ salut ma dy,knp ga da yg mau mengerti ttg jaman pahlawan dlu.seorang penyair kayak pak chairil anwar tu bs SEMANGATTTTTT

  63. via says:

    UUuuHHH Saluuuut dech,,,gila bangetz perjalnan hidupnya…
    CHAYO TruZZZ

  64. riesca says:

    aku suka… banget ma karya2 chairil anwar..n ku terharu bnget bca biografi beliau..
    n ku salut ama beliau……

  65. fidri dani yallah says:

    saya suka sekali ma karya2 chairil anwar saya terharu sekali dengan masa lalunya tapi beliau tetap semangat dan tak putus asa.saya ingin di buatkan puisi tentang ibu apakah beliau akan mengabulkan permintaan saya? buat temen2 semuanya lo ga pernah baca karya chairil anwar rugi loh……ayo…….cepet…..baca….biar ga setres?

  66. vi2 says:

    wah… aku sgt terharu
    perjalanan hidupnya berliku-liku
    tapi, aku salut pada chairil anwar
    beliau tokoh yang terkenang karyanya sepanjang masa
    aku suka banget membaca puisi karyanya, karna maknanya dalam

  67. mee says:

    hmm, tragis meninggal muda karena sifilis n tbc..

  68. daeng ramliakil@raden syahid says:

    chairil anwar sengsara dan yang dihambatinya, penawar kesengsaraan tetapi dia mengeyampingkan keimanan tepu, lantas, akibatnya penawar yang mampir tidak berkat –

  69. witarno heru purnomo says:

    kalau sampai waktuku……
    kumau chairil anwar hidup 1000 tahun lagi………………………………..
    maturnuwun

  70. RETNO FT says:

    CHAIRIL ANWAR PUISI NYA KEREN ABIIIIIISS….
    sbg murid SMA brguna bgt untuk menyemangati kaum pemuda indonesia…
    apa lagi di era seperti ini…
    wah puisi sulit di nikmati karena kalah pamor sama lagu lagu jaman sekarang…
    BERJUANG PUITIS INDONESIA….

  71. DhieT...... says:

    …………ehhm…..tragis bangt mngglna muda
    …..huuh………….

    …………TT……………….

  72. ya harus belajar dari beliau. sekali berarti, sehabis itu mati.

  73. putri says:

    Bguz bgT tuch..
    pi Q kuq gK trlalu donk ia ttg bhs sastra,,
    moga aj dg Q sring2 bc puisi chairil anwar Q jd tmbh donk ttg Sastra Indonesia.
    hahahagz..
    Excelent dE pkkNa.

  74. adithz says:

    puisi ini menyentuh banget……………. kita juga merasa seperti binatang jalang yang tidak pernah puas…………………………thanks GBU

  75. yon bayu says:

    aku banyak belajar dari karya dan hidupmu. hidup bukan segalanya, namun apa yang kita jejakan itu yang akan terus dikenang dan dikenang. di alam keabadianmu, aku yakin kamu masih terus berkarya

  76. IcaN Cool says:

    Puisinya mengingatkan we ma someone we…………..
    yg da di tanggerang

  77. dedi says:

    bagus banget………….
    teruskan perjuangnnya ya!!!!!!!!!!!!
    okey, thanks,

  78. mERlin says:

    huUuU…. aku juga penggemar chairil anwar loch..!! aku sering di mintai tampil di depan audiens untuk membacakan karya beliau..,, hiks.. hiks.. ternyata di balik puisinya yang sangat mengandung arti, tersimpan masa lalu yang gelap… di mana seseorang tlah khilangan orang-orang yang dia sayangi…

  79. chyput says:

    kerennn buangettssssssss!!!!!

  80. adi... says:

    q sk bgtz ma syair” Chairil Anwar bahkan bs d blg Fans
    coz syair”y dahsyat bgtz smpe menusuk qalbu
    q jg sk bkn puisi tpi ga sehebat bikinan beliau…..
    Damailah engkau dsna,smga tuhan memberikan tempat terindah diharibaannya

  81. nina says:

    wahhhh….
    mengharukan…..
    buat ce2 yg disukai Chairil, pzti bhgia bgt….
    aplgi smpe dibuatn puisi, hiks. . hiks. .

  82. rio_oir91 says:

    Sesosok bayang yang ku harap..
    Dengan segenggam mimpi.. Ku coba bertahan..
    Bayang yang seakan tak jemu selimuti..
    Mimpi.. Sejak lama..

    Semoga dapat ku raih mimpi yang terangan itu…
    :-p

    s’moga bsa kyak Chairil Anwar..
    hehehe…

  83. septian tri subakti says:

    tinggalkan aku dalam puisimu

  84. Sucuk says:

    aku tenggelam dalam setiap guratan karyamu

    dimana pemuda zaman sekarang??

  85. wow
    sun99uh ruar biasa n will be inspiration

  86. arvie says:

    wah. . . .

    ternyata sebegitunya. . . .

  87. UNYILLL says:

    kereeeeen . . . .
    topp . . abis !

    Blajar dari mana c????

  88. yang putri insani says:

    ketika aku tahu chairil bisa seikhlas beningnya air hujan di tiap rintik air matanya , aku malu akan semua mimpi yang memalingkan derita…., hidup akan selalu hidup bahkan dalam kematian sekalipun… Setiap derai langkah penuh semangat akan selalu membuat umurnya panjang dan terus dikenang walau hanya 27 tahun di dunia. Hidup tak hanya di dunia ini

  89. novi says:

    puisinya bagus baget dech!!!…
    yang mengingatkanku pada seseorang, yang tidak pernah aku miliki……..

  90. wildanaroyan says:

    maha karya yang sngat indah…

  91. ASFIAN ANDANA says:

    Saya mengagumi sosoknya dan saya senang dengan puisi.Saya terinspirasi untuk menjadi seperti beliau.Karya-karya yang begitu bagus dapat membangkitkan gairah hidup saya.Terima kasih di perbolehkan memberi pendapat

  92. princess jessica says:

    kerren.. karya yang bagus.. gelap adalah renungan.. darimu..membangkitkan semangat tuk terus hidup.. hingga seribu tahun lagi.

  93. peot says:

    hampa…..

    hampa….

    hampa….

    kembangkan lagi bakat mu nak….

  94. Agustin says:

    aku ingin hidup seribu tahun lagi
    (di hati manusia)
    karena aksara yang wantah telah mengeja dalam rekayasa peradaban

  95. onyond says:

    duuuuugh , sediih bned dueh .
    jdi mauw nangiiiis .
    huuuhf . . .
    hicks , hicks

  96. RARA says:

    gw udh pernah baca bukunya Suman Djaya yg judulnya “AKU”,UHH,gila…keren bgt….sampai akhir gw pengin nangis

  97. jie says:

    keren bgd puisi2 mu wahai chairil anwar,,,

    penuh inspirasi dan pemberi inspirasi bagi pecitra rasa puisi yg lain,,,

    meski wujjud mu tlah hilang dari bumi yg d pijak ni,,,

    v karya dan dirimu akan slalu ada dalam stiap hati pencintamu,,,

    semangatmu menumbuhkan pada pengagumnu,,,

    tersenyumlah dalam lelap tidurmu,,,

    perjuanganmu dalam sastra tak sia2,,,

  98. choirul anwar says:

    aku adalah aku
    masa laluku bukan masa lalu chairil anwar
    masa depanku bukan masa chairil anwar
    wahai sang penyair…….
    adukan aku pd tuhanmu!
    aku ingin sepertimu!

  99. ubaydillah says:

    inpirasi para sastrawan datang darimu

  100. arya says:

    maju terus dunia puisi indonesia

  101. arya says:

    maju terus puisi indonesia

  102. seru juga cerita yang terjadi pada penyair terbaik, ini sekali mengalami kejadian tersebut, aku bangga terhadp pak chailir anwar. biarpun coba yang dialami tidak menunturkan semangat menjadi yang paling berkesan di dunia sastra.

  103. hadis says:

    aku sangat meyukai puisi aku,
    aku sangat terkesan puisi aku,
    aku sangat terkagumpuisi aku
    akuakuakuakuakuakuaku
    akuakuakuakuaku

    coz waktu SMA aku perna mnang lomba puisi aku
    bukan tropi yg aku banggakan melainkan ciuman pacar pertama aku
    yang mensuport akuakuakuakuakuaku
    akuakakuakuakuakua

  104. wangi says:

    hah,sedih banget meninggalnya

  105. aby says:

    kak chairil anwar merupakan guruku dalam sosok dan tingkah laku

  106. fedayen says:

    aku ini binatang jalang kumpulan dari orang-orang yang terbuang………
    sepenggal puisi sang pujangga yg cukup mewakili hidup saya………
    BRAVO CHAIRIL…………dgn tinta emasmu yang wangi…

    btw apa karya2 chairil pernah diterbitkan semua??????

    dimana ya belinya?????? kyknya langka…..

  107. end_demon says:

    andaikan waktu bisa kuputar
    aku akan kembali menapaki jejak Chairil
    aku akan bertanya padaya

    apa yang dia pikirkan saat menulis puisi??

    oya, buat FEDAYEN, yangb benar itu
    aku ini binatang jalang]
    dari kumpulan terbuang…..

    klo kamu pengen cari kumpulan puisinya. judulnya KERIKIL TAJAM, YANG TERAMPAS DAN YANG PUTUS sama DERU CAMPUR DEBU.
    semoga beruntung dalam pencarianmu. oyi???

  108. tian says:

    tooooooooop
    abiez………
    mank sastrawan yang paling top banget……….
    pis….

  109. rima imut says:

    hiks……….
    stlah baca aQ terharu bngt…..!!!!!!!
    hidup dlm penderitaan

  110. sunan kalijaga says:

    Assalamualaikum wth., roh Chairil Anwar, kudoakan saudara mendapat syafaat Rasulullah, berada di dalam syurga Allah Taala. Didoakan tiada umat Rasulullah mengikut jejak saudara kecuali KEJUJURAN DAN KETERUSTERANGANmu kepada Allah swt.Alhamdulillah

  111. chizuru shino ogami says:

    hueeee menyedihkan….. apakah…. ini yg namanya conta terhadap puisi?? >,,< hueeee aku terharu… mengapa anaknya menentang menjadi penyair?? kan enak bs buat puisi2 yg bagus….

  112. ade pr says:

    semoga amal dan ibadahmu diterima ole Allah swt.
    semua karyamu menjadi ilmu yang barokah.
    amin…………

  113. Aist says:

    Huaaaaa……………!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Biasakali booo….

  114. anwar says:

    w terharu gaet……………………….

    semoga w bisa jadi ky lo

  115. amiie says:

    wow ! keren bgd , ,
    salut banget ma chairil anwar .

  116. ini adlah salah satu contoh orang yang poenya banyak karya, walaupun telah mati tapi tetap dikenang, mampir yaa

  117. dee_an says:

    tragis banget sich,padahal karya-karya yang dibuat nya bagus” banget,,coba Tuhan ngasih umur panjang,pasti karya”nya bakal disukai sma anak”.makasih ya chairil,udah ninggalin karya” yang bagus,semoga aja kamu dapat tenang dialam sana..amin..

  118. ines says:

    bisa cerita lebih banyak lagi ga? saya masih penasaran

  119. rangga says:

    sebenarnya saya engga tau siapa chairil anwar tapi setelah saya baca semua tentang kehidupannya saya baru bisa menyadari ???
    adahkah orang yang seperti dia ???…

  120. arie says:

    bagus banget. . .
    berbagai kontrofersi tentang gaya hidupnya buat ia akan selalu mendapatkan perhatian dan penggemar dari masa ke masa. . .

  121. manix says:

    It’s AMAZING

  122. cloudy says:

    saya bangga sebangsa dengan alm chairil anwar yang hidup dengan umur pendek buT tetap berarti dengan meninggalkan karya-karya yang hebat!!!!!

  123. ivan says:

    Sangat mengaharukan

  124. pitik gundul says:

    tak ada pelaut hebat yang dari laut yang tenang

  125. laura says:

    aku menyukai puisi mu karena puisi mu amat bagus
    saat aku lomba aku menjuarai juara2 karena telah membawakan puisi mu yang berjudul “KRAWANG BEKASI”
    puisimu amat bagus terima kasih…………………

  126. eLve says:

    wow.. terharu
    hikz… hikz..
    pokoke chairil anwar tuh kahlil gibran ny Indonesia..
    salut..

  127. sYnA says:

    Q bru tw qLo chairil tuh hidupny menderita bgtzzzz
    tp karya ny queren abiz walopun orgny dah ga da tp karyany slalu terukir di hati Q…

  128. Phow says:

    Wah..!!
    Hanya itu yang ada di benakku ketika membaca biografi tentang beliau…
    Merinding…
    Aku turut merasakan duka yang mendalam mengingat kembalinya nenek beliau kepada Sang Pencipta…
    “Bila umurmu tak sepanjang umur dunia, maka sambunglah dengan tulisan” (Pramosdya Ananta Toer)
    Mantaps Bung C. Anwar….
    Ingin aku bertemu denganmu dan memohon kau buatkan aku sebuah sajak saja…

    Salam,
    Phow

  129. Phow says:

    Salut Bung…
    Semoga ada Chairil Anwar yang akan membawa perubahan disini…

    Salam,
    Phow

  130. nando says:

    kya kontol thu si chariril anwarnya…………

  131. syah says:

    memang mnarik,sy minat salah satu sajaknya…

  132. herLiii says:

    huii
    thanx ea uddh ngebantuint akk ngrjaint tuggas .

  133. selo01 says:

    chairil anwar adalah seorang penyair idola saya. penyair lain idola saya di bawah dia adalah taufik ismail dan w.s rendra.
    namun sayang seribu sayang, “AKU”-nya Soemandjaja tidak pernah dipentaskan………

  134. Nha_niEzz,,,, says:

    HuEeeM… KeREN abiZ…! sn9guH t’hrU,,jd pngEN naNgiZ eUyy….
    aq JgA sNeng nULis Lho,,, V aq gA s’hbaT beLiaU!

  135. dHE N rI2N says:

    hidup terkadang seperti mmpi tak selamanya indah….

  136. imuDh says:

    uHhhHH………………..

    Q pNgeN ktMu,
    tP kuG t’caRiK gaG dA…………..

    hiKs………..

  137. ajeng says:

    aq pgn buku’na AKU …..

  138. mustika says:

    sepekat wajah mengalirkan air matanya
    dimana dia melihat sajak yang di dalamnya terdapat
    berjuta keajaiban kata yang mengharukan jiwa!!!

    itu lah sajak yang pantas dengan keabadian seorang penyair legenda CHAIRIL ANWAR.

  139. CoMuet says:

    bagus,,,,,

    menyentuh,,,,,

    terharu,,,,,

    campur dech pokok’x,,,,,,

  140. cindy says:

    waw mengharukan buuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaanget

  141. KHOLIQ says:

    Wahhhhh……4c sn9t trhru skli mmbc4’y.Smp3k2 4ir mt4Q mw mnt3s_bg4ikn 4ir hj4n y9 trun dr lngt.
    Mm4n9 hdp mnsi4 tdk s4m4.
    Mnsi4 d’dni4 ni y9 msh dbri ksmpt4n_j9n kmu si4-si4’kn ksmptn i2.Ksmptn tdk dtng untk 2X’Y.

  142. sgt mengharukan membwt mataku mrh gito…. tp membwt kt buuuuuuaaaanyak i4masi

  143. dedew says:

    edan pisannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  144. may says:

    Aq saNgaT terHaru alya Chairil Anwar penyair yang hebaT.

  145. tian says:

    wuyh…hidup itu memang sulit…..kawan!!!

  146. dewi "enda" says:

    awalnya,, aku hanya mengenal chairil melalui “AKI” ..

    setelah bertemu sesorang yang sangan mengagumi chairil nawar,,

    aku mulai mencari tau tentang chairil ..

    setelah aku baca biografi,,

    sungguh ..

    chairil anwar adalah sosok pria hebat yang memang pantas untuk dikagumi ….

  147. dewi "enda" says:

    maksudanya …..

    melalui puisi “AKU”

  148. dewi "enda" says:

    semoga kan lahir chairil anwar – chairil anwar yang lain …

  149. huda says:

    sbnrny so2k ida tu
    ada ga seh

    aku seh kurng suka ending dari “AKU”
    coz kematian nya

    mnrt aku

    dia tuh benr2 tersiksa

  150. kerZEn bAngEtz BiogRafinya!!!!!!!
    aQ Jd peNgEn NanGis nii….
    Memang,, hidup adlh sesuatu yg harus kita jalani dengan semangat untuk belajar!!!

  151. vy-dy says:

    ” qU SaLLoet bGTz Am CHAIRIL ANWAR………. WLwPoen bLiAu pnY mSLh dr KciL, Yg MnrUt qU ckUp bRAt buT bLIau bS ttP brThan & bRjuANg uTk KsUKsesANnya……… “

  152. phie says:

    gila..
    kasian bgt..
    baru jadi duda uda ….

    so sad..
    tapi karya na pada keren2..

  153. hostt says:

    jangan menyerah_

    untuk sastra IndoNesia

    yang kita cintai

  154. hasnia says:

    wah Indonesia bangga sama cHairiL aNwar

    gue ja bangga

    moga gue bisa jd kyk dia ya

    aminnnnn….

  155. citra dara v says:

    adakah orang yang benar2 total mengabdikan dirinya untuk puisi setelah dia menemuiNya?

  156. ayo maen mafia war says:

    dia sosok yang aku kagumi sejak aq masih du2k dikelas 2 SD,,

  157. buduk says:

    T.O.P BGT LAH POKOKNYA

  158. WAH GAGAH ATUH ETAMAH ANA GEH SALUT GAGAH POKONAMAH

  159. danang.se_gar says:

    Chairil Anwar, salah satu anak bangsa yang luiar biasa. Lewat karyanya, ia mengungkapkan cintanya terhadap ibu pertiwi. Chaiiril Anwar is the best!

  160. gita lovli.r says:

    chairil anwar…salah satu bukti,,indonesia msi punya sastrawan hebat…
    karya yang luar biasa dari chairil..hanya bisa di mengerti oleh jiwa2 sastra lain nya…

  161. CINTYA says:

    PEJUANG YANG MATI…AND MENINGGALKAN KECAMAN KUAT BAGI NEGERINYA….

    CHAIRIL…DUNIA KAN SLALU DI DLAM KUMPULAN TINTA PUISI MU…

  162. EDY IRPANI says:

    Seperti air, bening, tanpa keraguan sedikitpun. Begitulah puisi-puisi CA, tanpa benalu yang mengganggu, tanpa belokan yang membingungkan, pasti, nyata, realistis…

    Begitulah …
    Dan ia memang akan hidup seribu tahun …
    Meski ia binatang jalang …

  163. Bayu reksono says:

    inspirasi hidup ..

  164. Kasman says:

    oooooo gtu ta ceritanya….

  165. Wicak says:

    Owh……………….

  166. Gatot says:

    Ahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh……………
    bagus buanget deh smpe trharu

  167. rizka says:

    semangatnya.
    ya, semangatnya itu yang membuat ku kagum

  168. chairil,
    barangkali aku harus membencimu
    kau membuatku mencintai puisi lebih dari perempuan

  169. dedek says:

    chairil andai q boleh mengutip syairmu..
    yg q tw cma satu..u are the one

  170. MEGA says:

    cairil
    andai bisa aku kan hidup dalam puisimu ini.
    kiht i love u

  171. mv_boy says:

    ah jangan terlalu gila akan puisi

    cuma kerakap yang tumbuh di batu
    hidup dengan ratapan
    dialah bisa bernafas dengan puisi
    pastinya itu bukan aku

  172. wisnu reyhan says:

    q sgt kgum ma beliau andai aku bisa menjadi sepertinya

  173. tia says:

    i love u chairil anwar….,,,,,//

  174. Gwynn says:

    Chairil Anwar memang seorang legendaris yang tercatat namanya.walaupun saya tergolong masih sangat muda[10 tahun],tapi,saya salut…………..

  175. hiL5 says:

    hidup chairil anwar..
    wlau dy tlah brpulang..
    tp dy kn ttp hdup d hti pnggmr nya..

  176. winaria lubis says:

    aku palinh sukadengan kerawang bekasinya chairil anwar. karena pada puisi tersebuit meninggalkan sejuta goresan pesan tentang penderitaan rakyat indonesia.

  177. Bayu reksono says:

    semoga saja ada reinkarnasi chairil …

  178. Hendra Batubara says:

    Hmmm….
    aku mau
    hidup 1000 tahun lagi
    sama seperti Chairil Anwar
    walau harus menjadi binatang jalang!!!

  179. duh terasa banget critana dk haty………….
    andai aew amu masih hidup ril au selalu dukung amoe
    yach mesky pun…..
    tapi aku suka banget ma puisi-puisina
    wajahna mirip banget seperti guruku bahasa indonsia
    mirip banget mungkin otakna juga mirip??? abis kreatif banget orange…waaupun gak murah senyummmm tapi mirip kuk….
    i love chairilllll

  180. Drimba says:

    Salam penyair………..

  181. Anwar says:

    qu suka banget ma puisimoe lo. itu tu pilihan kata2nya yg pas buangeeeeeeet.

  182. Ersita says:

    Luv U Chairil……

  183. nana says:

    chairil anwar….! ya…ya..! siapa yang tak kenal dia. penyair yang sangat kondang di dunia pendidikan kita. namun banyak yang belum mengenal dia. sungguh luar biasa yang dialaminya. moga-moga di masa yang akan datang tumbuh sosok chairil yang lebih…..! terima kasih ya… infonya….!

  184. mantan priayi says:

    bravo chairil anwar.jasa mu menutupi kejelekanmu……… :thumbsup:

  185. ayya says:

    Chairil Anwar adl penyair is the best
    sang Bintang Jalang itu mungkin kini sudah tiada tapi karyanya tetap ada,
    andai perjalan hidupNya bisa di buat sebuah dokumnter mungkin jiwa seni untuk generasi kegenerasi bisa dapat ilham dari sang penyair besar kita yang satu ini………

  186. Dana K says:

    Seru bro…
    punya bogrfi yang muat judul2 puisinya gak?
    makasi…

  187. winaria lubis says:

    Ketika kurangkai kata dengan kata, tak juga mampu mengukir sebait cinta yang tertindas karena keangkuhanmu. Sejuta pilu menancap jauh ke ulu hatiku karena luka yang kau tanamkan subur bersemayam di jiwaku yang kerontang. Hai cintaku, mengapa kau tinggalkan aku begitu cepat, sedang aku belum sempat melihat tajamnya sorot matamu, lidahmu, akalmu dan penamu. Untukmu “Chairul Anwarku”.

  188. Rijal Hinata says:

    uh, hebat seniman hebat sangat hebat dengan kehidupan yang tak disangka namun kehidupannya sangat berrarti

  189. encep says:

    saat ku knal drimu>
    drimu yang selalu ku ingat dan ku banggakan
    tetapi suma kenapa hilang dan pergi

  190. encep says:

    chairil anwar ??
    orang yang ku banggakan ??
    dan sangat hebat??

  191. amadi nata says:

    walau debu menjadi angin.. kehangatanmu tak terhilangkan kepedihan hilang terbawa mimpi.. luka yg tak kunjung kering terus membayangi.. biarlah malam tak pernah letih mencari..tapi harapmu takkan pergi..
    chairil anwar adalah sosok pahlawan bagiku jiwanya seperti jiwaku hidupnya seperti hidupku..
    sungguh tak ada penyair yg melebihi dirinya.

  192. rohma says:

    walaupun chairil sudah tiada

    tpi puisi nya kan hidup sepanjang masa……………

  193. manohara ajeng odelia pinot says:

    teraharu saya atas siuss web ini . smoga situs ni bisa membangkitkan rasa jiwa seniman rakyat indonesia .

  194. abdul yusuf syg 8A says:

    terharuu .
    klo bisa kaih web puisi bwat nembak cewe .
    gw lagih pngn nembak cwe anak skulah gw klas 8a bndung .

  195. laura safira says:

    q sgt terharu bgt sma kak chairil karna perjuangan nya tidak sia sia
    smoga akan slalu d kenang oleh banyak orang

  196. laura safira says:

    smoga bs d tampilkan smua karangan puisi kak chairil anwar
    q mhon nih coz ku paling sneng bca puisi apa lg puisi kak chairil

  197. khoiril says:

    nama gue adl m khoiril anwari. memang gue belum lama mengenal so2k seorang choiril anwar, tapi lewat situs nie gue bisa menghayati bagaimana seorang choiril anwar.dan seorang yang seperti ini lah yang ingin ku jadikan sbg inspirasiku. tanks banget buat yang buat halaman nie. mga tambah sukses.amieen

  198. bheta says:

    menurut saya karya2 dari chairul anwar sangat…mengesankan dari segi kata2nya maupun makna dari puisi itu sendiri.

  199. da- pies (novis cndra) says:

    saya sangat suka sosok chairil anwar, dengan karya na yang begitu mengesankan, membuat saya ter inspirasi, say berharap suatu saat saya bisa mengikuti jejak beliau, walau kau telah tiada tapi dengan puisimu aku selalu bisa membayangkan siapa dirimu,
    “aku binatang jalang dari kumpulan terbuang”

  200. david says:

    Bukan derunya angin goyangkan resahmu
    Kian terbang menapak kekacauan yang AKU buat
    Biarkan khayalan berteriak keras smpai kesudut gubuk, hiraukan stiap bayangan untuk AKU
    Teruslah brjalan dengan irama maut,dsni maupun diseberang,
    Bagiku kau selamanya tetap AKU

  201. MIYU says:

    HIKS………HIKS……..KASIAN BNGT YA NINGGAL USIA MACI MUDA,TAPI GPP LAH,ALNYA KARYANYA KAN BANYAK YG BISA DIKENANG…….Q PENGEN KYA DY……..

  202. Denny says:

    Tapi aku mau jdi binatang jalang….
    aku mau pandai meradang menerjang…..

    lantas jangan lagi tentang aku….

    karena aku adalah AKU….

    terus lah berderai Chairil Anwar

  203. Rief RAhman says:

    AKU INGIN HIDUP 1000 TAHUN LAGI…….

  204. scorpio says:

    gW sukA bGt smA puiSinYa diA, , , , , ,coZ puisinYa sGt dramaTis

  205. Ismi sarah says:

    Wuez aq bener terharu bcnya,begtu cepat sang penyair ne pergi tpi yg pztnya syair mu bkal sllalu trkenang

  206. desna says:

    q suka banget sma puisi”nya,nyentuh banget

  207. rheno pradita says:

    gua sangat terharu membacanya……
    pokoke salut buat CHAIRIL ANWAR……………

  208. Vanni says:

    uchhh,nyentuhh banged. . .
    luv u chairill. . .
    my inspiration. . .

  209. choiril anwar says:

    “AKU TAK INGIN MATI MUDA”….hemmmm…keren banget ya AKU……hua hua hua

  210. Novelta says:

    derai-derai air mata mengalir ketika sebuah kisah menyentuh seorang anak manusia yang paling berkesan,,,,
    sungguh menggugah inspirasi

    thx y yng punya blog

  211. Novelta says:

    pa maksud’y tuh cape deh
    terang’terangan menyentuh gitu koq

    bisa menghargai inspirasi gk sih..!!!

  212. Djanggo says:

    hikz……
    saya jd terharu

  213. endina says:

    bagus………..

    endina brhrap ad pnerus yg bisa menggantikn inspirsi chairil anwar walaupn kryany tk ad yg bsa menggntikan di hati pra puisi lovers……..

  214. rey says:

    indoneessssia hrs thanks to beliau . . . .smoga anknya dpt sprt beliau . . .mkmnya dmn ssssssiiiiiiiiih…….

  215. ana altafunisha says:

    hmmmmm,,,,,
    andaikan semua orang setabah Dia,,mgkn tk kn da kasus bunuh diri lg..hehehe
    kerEeeen abiEeZzz pErjalanan hidup cHaiRil,,
    qT hRz bAnGga,,,,!!!!
    soOo…..qT hRz BeRpreZtasi cOz hdup Qt zdh zerba enak…

  216. herman says:

    tiada syair yang tidak menyentuh selain dia sang pujangga hormat kami pada sang CHAIRIL ANWAR.

  217. cheeva_oreng says:

    aku ngefans beud m chairil anwar….karya2nya top abiez,,,,crita hidupnya mengagumkan….pokoknya inspirasiku beud deh g d duanya

  218. Aku ingin seperti Bapak Chairil Anwar

  219. dwi says:

    aq cma salut aja krna dia itu orng yang hidupx brntakan kok bsa yach dia mask 10 bdayawan dunia

  220. herman says:

    hidup hanya 27 tahun,tapi menorehkan tinta sejarah bertahun-tahun. thanks chairil anwar.

  221. aku nak tanya skit..

    chairil anwar ni ada tulis novel tak?..

    lg satu..kat mana kita boleh cari hasil buah tangannya?

  222. adita says:

    seddih banged gak lama istri.a minta cerai , dia meninggal..
    seharusnya anaknya juga jadi penyair kayak bapak.a doonkk ..
    biar bapak.a disana juga ikuut bangga … hmmmmm

  223. nia mignon says:

    your the best chairil……. segala puisimu mampu membuatku jauh menerawang angan..,[p
    melayang dalam lekukan awan………

  224. Dynna says:

    He is my Grand father….I’m so proud of him. You’re the best we’ve ever had

  225. Achan says:

    eummb . . .
    qw punya buku AKU . . .
    n ceneng bgt qw bca.a . . .
    qw jdi tw lika-liku kehidupan si binatang jalang ituh . . .
    (aplause . . .)
    menginspirasi bgt . . .
    d scl, alw ad tgz aph gtu, cllw qw kait.in ma doi . . .
    peace . . .
    ohohoho . . .

  226. Why~Whiek says:

    aQ Gak XngKa Klw Kehidupan Chairil sangat Lagh Pedih

  227. Why~Whiek says:

    aQ Gak XngKa Klw Kehidupan Chairil sangat Lagh Pedih,, Tp Ini Hrz Qta JdiKan Panutan,, Bahwa Walupun Qta Mengalami Kepedihan & Masalah Qta Haruz Tetap Kuat Dlm Menghadapi Cobaan I2

  228. Tyas says:

    aku ini binatang jalang dr kmpulan yg trbuang.

  229. ririnz athusz says:

    ehhm maz chairil aku suka bnget sma puisi puisinya. aku salut dan bangga deh .

  230. geysha says:

    huh gw dmen bgt ma puisinya nie org yg jdulnya AKU

  231. shella says:

    weeee berkesan,

  232. danz says:

    mantab dah nih tokoh kita,
    sejak sd udah ak dah baca puisi2nya di buku pelajaran
    “binatang jalang yang terbuang”
    itu kutipan yang pernah terlupa smpe sma bahkan kuliah
    sjak nonton AADC jd pengen nyari buku nya yg “AKU” g dpet2,
    klo tmen2 pnya loakannya (domisili yogya) ato ebooknya share yah,mksi
    untuk penulis blog,mkasi ydah sharing infonya,good job

  233. erie says:

    iaku sangat kgum dgn karya rendra,,,,,smua anak sastra mengenal beliau,,,,aku slh satu anak sastra yang slalu menjdikan karya sbg sbuah referensi,,,,akan kah ad sosok renkarnasi rendra????bos,,,,beri info yang lbh lengkap lgi,,,,,aku ingn liat karya terakhirnya,,,,

  234. mifta tjah wetan says:

    aq kaguym ma smua karya’y yang mengores kan seribu,lamunan dalam khayala q

  235. Fridus Sua says:

    Tuhanku
    aku hilang bentuk
    remuk
    Tuhanku
    aku mengembara di negeri asing
    Tuhanku
    di pintu-Mu aku mengetuk
    aku tidak bisa berpaling

    Aku sangat kagum dengan puisinya yang berjudul DOA.Benar-benar sebuah sikap penyerahan diri yang total kepada Yang Maha Kuasa.

    • asri says:

      Chairil meninggal dengan berani da tidak lupa kepada Tuhan, meskipun dalam masa akhirnya Ia mengigau karena panas badannya tinggi, pada saat – saat ia insyaf dengan dirinya Ia terus mengucap “Tuhanku…. Tuhanku… mirip dengan bunyi sajak “Doa ” yg km kutip diatas 😀

  236. asri says:

    menurut saya, sosok chairil Anwar adalah seorang yg optimis dan bersungguh – sungguh dlm membuat karyanya yaitu puisi, tetapi terlalu ekstrim, terlalu masuk kedunianya tidak memperhatikan kesehatan, lihat fotonya sangat terlihat suka merokok dan tidak bisa menjadi panutan sbg ayah dan suami krn tidak memberi nafkah yg cukup, ada posotif dan negatifnya tetapi alangkah baiknya bila semuanya berjalan dengan seimbang ?!!!!!

  237. Tri Adi Pamungkas says:

    Bagus Bgt, Aku Jd Trinspirasi

  238. andri nugroho says:

    GIMANA CARANYA BISA JADI PENULIS HANDAL KAYA BELIAU YA?

  239. anita wulansari maulinda says:

    Aku ingin seperti beliau…………
    itu salah satu impianku,,,
    semoga itu jd kenyataan,,,karena aku akan terus berusaha!!!
    untukku terutama,,,,

  240. Ikwandi says:

    Melalui untaian kata-kata bisa menembus hati yang paling dalam (semuanya serahkan sama ahlinya) segala sesuatu kalau kita menekuni percayalah akan terkabulkan

  241. sri says:

    saluuuuuuuuut dech buat perjuangan chairul…..!!! aq jadi terinspirasi setelah baca biografinya

  242. Ricka na' ilanX!!!!!!!!! says:

    hua,,,,,,, hua,,,,,,
    abz se lit’r neCh air mta qoe……………
    btw Qou da’ prnah dn9ar crit’a so…………….
    yaCh 9toch lah………

  243. jhie says:

    hmm… puisi karya Chairil Anwar sangat dalam dan menusuk banget…
    tapi sayang, umur tak ada yang tau,, Tuhan memanggilnya begitu cepat..
    ku juga kasihan stelah mngetahui hidupnya,, yang mnyedihkan..
    tapi aku juga salut dengan beliau..^^

  244. john paul says:

    hem pendek juga ya hidup nya

  245. tyas D'Cosinus_31 says:

    wah,keren….
    Tapi kacihan ya,,, hidupnya terlalu singkat…
    Padahal berdedikasi,,biza mjd panutan bagi insan p’Puisian…
    makasih dah bantu tgz’q di skul yg syuilit bgd…

  246. puput ulumiah binti sitias al fadhil says:

    hahahahahahahahahahahahahahahahahah……………..akh
    cape deeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeh,,,!!

  247. chacha cheria says:

    mpe merinding bacanya….
    gag nyangka ternyata emang bener2 ada kejadian kyag gt…
    kalo aja chairil masih hidubb…

  248. Riska arianti says:

    saluut…dech….kerja keras yang membuahkan hazil…tetap semangat menjalani hidup ini…!!!

  249. trickqu says:

    thanks dah ngebantu buat tgas

  250. ehmm……. enak juga denger cerita chairil anwar kayaknya q dapet sebuah ide deh dari cerita chairil anwar

  251. anisa anwar says:

    chairil anwar…dia adalah salah satu orang yang aku kagumi.aku belajar banyak hal dari syair2 nya,,,apa lagi setelah baca biografinya…dia emang ga pernah nyerah nd selalu semangat…

  252. hendyanto says:

    kita harus mempunyai lelaki atau perempuan cadangan itu baru benar

  253. Halim Perdana Kesuma Simbolon says:

    Siapa kah the next chairil anwar berikutnya…Salut untuk karya beliau dan terharu sama jalan hidup nya…semoga beliau tenang di alam nya…

  254. Halim Perdana Kesuma Simbolon says:

    Tetap Semangat dan terus berkarya.

  255. dede says:

    chairil, satu tokoh yang sangat mengagumkan..
    puisi yang di tuliskan selalu menyentuh dalam perasaan, chairil sosok orang yang mungkin tak kenal lelah..
    meski banyak cobaan yang ia hadapi..
    aku sangat bangga pada ..chairil Anwar..

    kau akan selalu melegenda..
    dan puisi mu, akan selalu di lantunkan di negeri ini.

  256. ina says:

    aku suka karya-karya chairil anwar,
    semua’a brilliant,
    kalau memilih menjadi siapa di dunia sastra..
    aku pilih chairil anwar

    betapa mnyesal’a aq baru ingin mengenalnya skrng
    tdk sejak kemarin atau kemarin lusa

  257. danang says:

    chairil adalah inspirasiku,,,

  258. Rina Parliya says:

    Chairil Anwar, sesungguhnya Engkau tidak mati, tapi tetep hidup dengan 1000 kenangan atas karya2Mu yang slalu melekat di hati pecinta sastra.

  259. Rina Parliya says:

    Chairil Anwar, sesungguhnya kau tidak mati, tapi tetap hidup dengan sjuta kenangan atas karya-karyamu yan senantiasa melekat di hati para pecinta sastra, terutama atas puisi-puisimu yang khas.

  260. erna says:

    chairil anwar sesosok yg patut d acungi jempol

  261. harling says:

    sabar wahai penyair,,,,,,,,,,, goreskanlah tintamu mengisi dan hiasilah dunia ini dengan sairmu,,,,,,,,,,,,, salam buat seniman indonesia……

  262. sapta yohana says:

    aku…..
    diqala org yang brani bilang aku tapi bkan krna kesombongan
    …..gila,..dengan jiwa kebebasan..!!!

  263. tauhidg2h says:

    Liar . . .
    Sungguh Liar . . .
    Tapi Hebat Bukan Buatan . . .
    Seperti itu inginku . . .
    Hehehe. . .

  264. yadi rusyana says:

    Sangat sulit untuk menemukan dia pada jaman sekarang ini, terutama diksi puisi yang intens dan mendalam maknanya. Sampai sekarang puisi-puisinya masih disenangi orang.

  265. sinta says:

    jd terharuu neii

  266. apni says:

    wow……….., andai waktu dpt q putar aq pengennnnnnnnnnnn bwangweeeet ktemu karyamu akan slalu Q KENANG FOREVER
    SAAT q ngebaca puisimu s’lalu Q te2skan air mata

  267. delfia inneke says:

    west-west-west…. kisah.a chairil anwar bikin gue terharu, and gax bisa berkata apa2 lagi…

  268. tiwhy says:

    baru tau kebenaranx…
    Chairil Anwar adalah seseorng yg paling z idolakan….
    sangat terharu dengan kisah hidup beliau….

  269. Xpressi says:

    saya copy ya,, buat tugas skul aq…

  270. nuri says:

    hmhm
    chairil,kamu kan slalu ada di hati kami semua

  271. sahril says:

    idola gue nie..

  272. terharu banget baca biografinya, kami pikir beliau masih ada .
    ternyata… selamat jalan, semoga karya-karyamu tak pernah pudar oleh waktu

  273. Mega says:

    Uhm………. Mega sng bgt ma chairil anwar kak.. kpn y mega bz ktemu ma dia???????????? And, thanks for everything…..

  274. Chairil Anwar adalah sosok seorang penulis yang sangat bagus..
    puisi” sangat indah untuk di kenang …
    Chairil sosok yang inspiratif buat orang”
    Chairil is the best…..

  275. 26705 says:

    This doesn’t really have to do with the topic taking place, but I wanna ask if you know where I could find a decent captcha plugin that I might use on my blog?? I’m
    using the same blog platform as you and I’m having trouble getting one?

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

%d bloggers like this: