Karawang-Bekasi ~ Chairil Anwar

Kami yang kini terbaring antara Krawang-Bekasi
tidak bisa teriak “Merdeka” dan angkat senjata lagi.
Tapi siapakah yang tidak lagi mendengar deru kami,
terbayang kami maju dan mendegap hati ?

Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak
Kami mati muda. Yang tinggal tulang diliputi debu.
Kenang, kenanglah kami.

Kami sudah coba apa yang kami bisa
Tapi kerja belum selesai, belum bisa memperhitungkan arti 4-5 ribu nyawa

Kami cuma tulang-tulang berserakan
Tapi adalah kepunyaanmu
Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang-tulang berserakan

Atau jiwa kami melayang untuk kemerdekaan kemenangan dan harapan
atau tidak untuk apa-apa,
Kami tidak tahu, kami tidak lagi bisa berkata
Kaulah sekarang yang berkata

Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika ada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak

Kenang, kenanglah kami
Teruskan, teruskan jiwa kami
Menjaga Bung Karno
menjaga Bung Hatta
menjaga Bung Sjahrir

Kami sekarang mayat
Berikan kami arti
Berjagalah terus di garis batas pernyataan dan impian

Kenang, kenanglah kami
yang tinggal tulang-tulang diliputi debu
Beribu kami terbaring antara Krawang-Bekasi

Chairil Anwar (1948)
Brawidjaja, Jilid 7, No 16, 1957

About these ads

101 Responses to Karawang-Bekasi ~ Chairil Anwar

  1. yussytha berkata:

    pusi karya chairil anwar oke abizzzzzzz!!!!!n kemarin waktu ujian praktek puiissi ne,,paling banyak digemari,,,oz nyentuh abiz n kata kata nya oke banget,,n sekedar masukan,mohon yg terkait adakan lomba baca puisi chairill anwar dunkk,supaya puisi
    puisi nya tidak dikenal dikalangan pelajar aja n biar semua tahu adain di gedung2 bersejarah misal gedung sate bndung,kraton srakarta,jogja karta..dll

    • dirga berkata:

      makazih atas puisi ini cz udah memberih aq nilai baik……puisi yang menyentuh hati .aq juga hampir nangis s’telah denger puisi ini ..gbu for you…

    • K. SUSILO berkata:

      Emang puisi KB kren abizzzzzzzzzz. Tapi perlu lu tau puisi gue lebih kren lagi. Bacain n renungin yeeeee
      HARCEMKU PADAMU

      Kalau sampai waktuku
      Kumau hanya kau yang tau
      Engkaulah guruku
      Setia menbalas curhatku
      dalam hari 2 di sekolahku

      Saat ujian kepalaku pening
      tujuh keliling
      betapa tidak menuku ondol-ondol
      ubi kayu
      otakkupun kaku
      tak kuasa memecahkan
      matematika dari guru

      Harap cemas pada guruku
      bila-bila tidak membantu
      matilah aku

      Guruku …..
      Remidmu kutunggu
      atau kasihu kunanti
      agar aku tak dimarahi ibu tiri

      • brandon berkata:

        puisi ko keren ya baru tau aku wkwkwk kren abizzz

      • Gusti Ayu berkata:

        hahhahaa,, puisi nya keren :D

      • rhany berkata:

        puisinya kereeeeeeeeeeeeeeeeeen abiiiiiiiiiiiiiizzzzzzzzzzzzzzzzz di sekolahku bnyak suka lho dia minta suruh catatin puisi chairil anwar

      • khayat budiarso berkata:

        PD Amat loe..K Susilo…sampai bilang puisi loe lebih keren dari Chairil Anwar……
        hahahaah..gak ada sekuku hitamnya lah..kamu…
        dan perlu diketahui…bagus dan tidaknya puisi yg menilai adalah org lain…bukan diri sendiri yg menilai..

    • dien_boyz berkata:

      ea,, pokok ny chairil anwar top abizz dech..?
      moga puisi ny selalu d kenang warga negara indonesia,, amin…..!!!

    • elsa berkata:

      t`makasih anda t`lah menggemari puisi aku………..

  2. imam prihadiyoko berkata:

    wah jadi inget jaman SMP dulu, aku pernah juara baca puisi Chairil Anwar ini. Yah, mumpung musim kebangkitan bangsa, dan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir lagi doyan mencuplik puisi Chairil. Bravo buat pengelola blog ini

  3. zarina berkata:

    satu yang amat ber SEMANGAT …

    yang harus ada pd anak bangsa,jangan bisa kita dijajah lagi ..

    kita serumpun..tapi kenapa tidak bisa BERSATU..

  4. Ririn berkata:

    Wah.. makasih ya q jadi bisa ikut lomba puisi ni di kampus, coz q da mpir lupa puisi ni!!! doakan q ya…

  5. cWe_aLoNe berkata:

    zUmPaH KwErEn bGd tDnY SeH CmAn UnTk tGaZ tP JdI SuKa ma pOEsHi NiE….pOkOknY sEmUa pOeShi ChaIrIl AnWaR dEch
    CIAYOOOOOOOOOOO

  6. Sarasa berkata:

    Wah puisi ini baguz . waktu p’tama kali Q dengar menyentuh banget. Kan Q dengarnya lewat suara video2 gitu.. jadi wktu si pembca puisinya membacakan puisi ini awlnya menakutkan, lalu lucu.. yah pkoknya gitu laha.. :)

  7. Agustin berkata:

    i loph this poem….jadi semangat perang. Merdeka!

  8. wah… saya salut bngd dengan puisi ini sangat baguz…
    pertama X saya membaca puisi ini sangat menyentuh sekali puisi ini sangat Gokil abiz
    Thank you very much……
    Chairil anwar

  9. furqan berkata:

    puisinya bagus….tapi coba liat deh puisinya ardibal macleish judulny THE YOUNG DEAD SOLDIERS…
    sama PERSISS kaya puisi ini!!!kyknya ada yg plagiat…

  10. nn berkata:

    musikalisasina ad g s??
    pengen denger ni….

  11. Satya berkata:

    Puisi Karawang bekasi nich kren bangets …

    Gara – gara puisi ni skulku dpt jwara 3 lomba musikalisasi puisi tingkat Kodya !!!

  12. S M... berkata:

    Puisinya gx keren thu,…Tp gila bgz bgt,ne baru puisi yg sejajar kaya

  13. riezna berkata:

    puisinya baguzzzzz dech…..
    tpi aq mw nta tlong parafrasein donk puisinya…….
    heeeeee,

  14. Saya kagum, bangga dan bersyukur punya pejuang seperti chairil anwar , rencananya saya akan bacakan puisi ini ketika memperingati 17 agustus tahun ini ….merdeka 3x ( merdeka segalanya ) …

  15. fahmi berkata:

    Gila keren bgt puisi chiril anwar????

  16. nailur berkata:

    bagus…
    but aku pingin tips khusus dari khairil anwar ttg cr buat puisiyg bnr n cpt d minati khalayak

  17. zimiracle berkata:

    Gan…makasih banget ya, telah di rilis ulang naskahnya
    oh ya sekalian mau tanya ..boleh kan..?

    ini naskah memang aslikan… maksudnya tidak ada kata2 yang di tambahkan atau di kurangkan…?

    sebelumnya terima kasih ya Gan….
    semoga WORDPREES makin maju …

    Amiennn

  18. dirga berkata:

    ok yahc puisix enak di hayati ..
    puisi ini udah buat aq lulus tes puisi skax lagi makazih

  19. zaa berkata:

    Assalamualaikum wr.wb
    Trim’s ats puisiny . Cptaan Chairil Anwar emg topp , n menyentuh hati . Acra 17 an skrg, akw menggunakan puisi ini untuk lmba bca puisi . Tinggal tunggu hslnyaaj menang atw kalah . Tp , akw ykin , kalau bca puisi cptaan beliau, pasti menang (insyaallah) . Aminn :)trim’s . Doakan akw menang lmba puisi .

  20. NITA FAUZIAH berkata:

    CHAIRIL ANWAR IS THE BEST.SAMPAI KAPANPUN KU KAN SLALU BERJUANG DEMI MEMPERTAHANKAN SEMUANYA

  21. NITA FAJRI FAUZIAH berkata:

    CHAIRIL ANWAR IS THE BEST.SAMPAI KAPANPUN KU KAN SLALU BERJUANG DEMI MEMPERTAHANKAN SEMANGAT GENERASI PENERUS BANGSA. KARYAMU SANGAT PATUT DITELADANI.
    IS ALWAYS CINTA NITA KE KARYAMU IS THE BEST.
    SEMANGAT…..CAyo…spirited….CHAKDE….!!!

  22. NITA FAJRI FAUZIAH berkata:

    CHAIRIL ANWAR IS THE BEST.SAMPAI KAPANPUN KU KAN SLALU BERJUANG DEMI MEMPERTAHANKAN SEMANGAT GENERASI PENERUS BANGSA. KARYAMU SANGAT PATUT DITELADANI.
    IS ALWAYS CINTA NITA KE KARYAMU IS THE BEST.
    SEMANGAT…..CAyo…spirited….CHAKDE….!!!OC

  23. tara berkata:

    puisix chairul anwar kren bgt lho…
    salut bgt dgn puisinya kren abiz……….

  24. tara berkata:

    pkokx puisi karya chairul anwar
    tuch is the best dech……

  25. Slamet abdurakhman berkata:

    Puisi yg brjudul karawang bekasi ini mengingatkan sekali waktu q smp,soalny q menang waktu itu juara 1,tpi cuma dpt buku ma pen doank tpi ga pa2 smuany hanya mengenang,chairil anwar adalah seorang penyair yg keren puisi2ny bagus q berharap smua anak sekolah harus tau karya chairil anwar biar bisa dikenang slalu.

  26. RIZKI N.F berkata:

    Hebat puisi itu bagus
    Saya kagum

  27. Ucham berkata:

    Mudah-mudahan puisi ini memberika nilai baik..AMIN

  28. ngurah berkata:

    Pas banget momentnya, besok HARI PAHLAWAN 10 November

  29. Iker Ryan berkata:

    Makasi… Dpt tgs suruh bwt drama nuy. Kel kami makai puisi krawang – bekasi sbgai topikx.

  30. dwi cahyo ramadhan berkata:

    puisi ini sangat bagus sekali
    saya suka karya – karya chairil anwar

  31. Adit berkata:

    puisi ini emang keren, apalagi pas dijadikan lagu sama Ananda Sukarlan….wuiih,, mantab lah ituh…
    dapet banget feel nya…

  32. andi irwan berkata:

    ini adalAh puisi andalan saya

  33. Emprit berkata:

    Mgulang skses tmen2,hrni q jg bc puisi krwang-bkasi..smua hning…myntuh bgt.hyahyahya

  34. En Wildhan berkata:

    kuren…kuren buanget …. sauatu saat kan kubacakan …buat teman-teman sebangsa dan setanah air …. biar ruh …perjuangan merasuk dalam lubuk hati yang terdalam

  35. Ainur berkata:

    Nie…bgus banget…gue suka yang berbau sejarah…karena aq juga mau ngerjain tugas puisi jadi kuambil yang ini aja…Sukses terus yach… ^_^

  36. Feby berkata:

    Wach enk bnget d dnger i2 puisi

  37. chalik berkata:

    buat kawan2……… teruskanlah perjuangan bangsa kita…….. makna puisi ini memberikan kita dorongan untuk membuat yang terbaik bagi bangsa dan negara kita……

  38. fajar berkata:

    keren pisannnn

  39. Fara berkata:

    KerN AbiZz

  40. Claudia Stefalen berkata:

    terharu deh bacanya.
    kerennn!!!!!!!!

  41. ari_wiranto berkata:

    aku terharu sekali kata2 chairil dehh
    ??????

  42. Riza berkata:

    mksih y puisi na bgus na…
    dh gtu mmpunyai makna yg sngat tinggi….
    uuuu, smpai terharu..
    skali lgi makci…

  43. Aiman berkata:

    Trims’ kharil Anwar puisi puisi mu membangkitkan jiwa nasionalisme dan patriotisme ku smoga puisi mu merasuk jiwa para pemimpin negeri ini

  44. destri berkata:

    puisi ini insyaallah akan aku bacakan ketika ada lomba baca puisi pahlawan

    karena aku sudah meraih juara harapan 2 di dinas kota palembang dan meraih juara 3 di sd al-furqon semua yang kuraih ini puisi pahlawan semua aku akan membacakan puisi ini ketika ada lomba baca puisi aku akan membacakan puisi karawang bekasi

  45. the spega scout berkata:

    puisi ini memberi nilai moral untuk bangsa, best of best dah………………

  46. aina dian berkata:

    wah bagus ya kebetulan aku ada lomba puisi di sekolah boleh pake ini yah???????????????

  47. siti julaikha berkata:

    Sebuah puisi yang mengetarkan jiwa, jika didalami makin membuat haru biru……Salam dan do’a kami untuk pujangga 45 ini….Selain jiwanya yang terus mendapat do’a dari generasi penerusnya…KARYANYA TAK PERNAH MATI…

    tengkiyu telah membantu kami, mendapatkan kembali karya utuh Chairil Anwar…

  48. by pebriana berkata:

    puisi nya keren abiiizzzzzz menyentuh hati banget.

  49. Bahasa Pena berkata:

    Puisi ini memang penuh dengan makna…dan sangat menyentuh qalbu…
    salam kenal…

  50. celine berkata:

    saya ingin juara 1 baca puisi karya chairil anwar lo

  51. R&Y berkata:

    puisi ny mnyentuh bnged…… Mmbngkit kn smangat pmuda pmdi indonesia… Smoga dngan puisi ini Aq n putra putri indonesia laen ny mnghrgai arti kmrdekaan yg tlah d prjuang kn oleh pjuang yg trdhlu……

  52. agus berkata:

    aduh kreeeeeeeeeeeeeeennnnn banget puisi ny

  53. Apis indica berkata:

    .makasii ya buat puisinya . berkat puisi ini aku jadi menang lomba baca puisi (:

  54. Daniel & fajri berkata:

    Bagus sih bagus
    tp klw mw di
    hafal
    pjg bngt
    thanks for you
    chairil anwar

  55. poo berkata:

    menyentuh banget,,
    nangis aku bacanya
    ngebayangin peristiwa jaman dulu

  56. Titin Supriatin berkata:

    wah saya dapat tugas untuk mengkritik puisi Chairil Anwar, bimbang apa yang mau di kritik.

  57. indra sukma wirahma berkata:

    I Love Chairil Anwar iihh lebay bgt

  58. Budisastro berkata:

    izin unduh puisi ini untuk saya baca besok di hari Sumpah Pemuda

  59. m.rian ramadhan berkata:

    bagus bangettt puisi anwar,selama aq ikut lomba puisi aq membawakan puisi krawang bekasi karna puisi anwar aq menang HoReHhhhhhhhhh……

  60. ahmad triyadi berkata:

    puisi kb kueren buanget…………!
    sallluuuut buat pak chairil Anwar…

  61. eka berkata:

    puisi favoritku sepanjang masa…

  62. chandra berkata:

    joooosss…dari pertama hingga saat ne aq bergetar membaca puisimu

  63. habibi berkata:

    I LOVE CHAIRIL ANWAR

  64. BOX DEVILS berkata:

    SAYA SUKA GAYA LOE

  65. abiamrullah berkata:

    hha keren jga y puisinya………..

  66. yaul berkata:

    q suka puisi krawang bekasi

  67. arip berkata:

    mksih ya biuat puisi”y
    tpi law bsa ada jenis prosnya ??????

  68. safitri berkata:

    hmm, wktu itu aku lomba puisi chairil anwar , baguss banget………

  69. Riza berkata:

    puisi yang menyentuh hati.

  70. echa.ramahdani berkata:

    kerawang bekasi memang bagus

  71. Fajrin berkata:

    Wah.. emang betul2 ni chairil, seorang seniman kata yang amat hebat yang pernah dimiliki bangsa..

  72. Selviana berkata:

    terima kasih untuk karya Mu Bapak.. Semoga puisi yang terpilih oleh kami untuk ujian praktek nanti ,kita akan tampir dengan segala kelebihan kita dan kebanggaan terhadap puisi ini.. Amin :D

  73. SiTY naX CliQuerS berkata:

    Ujian praktek q coba apake puisi chairil anwar ahk biar nila.a bgzz
    ok. . . .. ;)

  74. dara emmon berkata:

    heheuiiiiiii… mantappp x lah.
    darii SD smpaii KUlyahh
    puisii ini yg sllu q ingt..
    dan stiap lomba pstii
    puisii ini yg q tampilkan..
    hasil na pon baiikk.
    alhmdulillah.. trims.

  75. maralda berkata:

    penuh haru…
    penuh kepedihan…
    awesome, I LIKE IT!!!
    :)maralda.wordpress.com

  76. calvin wijaya berkata:

    pokoknya puisi chairil anwar top abiz dahhhh………….thank’s chairil anwar

  77. cWe TauRuSz berkata:

    puisi chairul anwar bguz bgt !!
    smpe ak trharu mmbca’ny

  78. cWe TauRuSz berkata:

    chairil anwar…

    SELALU DI HATII…

  79. tommy rahady berkata:

    pokoe,!!! puisi karya abg eke khairil anwar, is the best deh!! kyak gw, mirip2 dikit2lah!!

  80. hm………….,
    kok masalah puisi, pak CA. sep2 deeeeeeh. THANKS YA PAK

  81. aming berkata:

    semOga smua . . Tetes kringat darah nya dlm sepi. .hampa. Cipta kan suara hati mu. . .dngn smua yg lihat. .. .sem0ga amal baik mu. . Bwt kau harum .amin

  82. Latif maulana kahlil gibran berkata:

    Hingga detik terakhir penantian panjangmu

    Kau pendam

    Kau selipkan disela batu nisan

    Kau pernah ada

    Dan kau akan selalu ada

    Dihati kami chairil

    Dijiwa kami

    Didenyut nadi kami

    Dan juga dalam hidup mati kami

    Kau ku kenang

    Dan kami meneruskan langkah panjang

    Sampai jumpa kawan

    Tunggulah aku didepan pintu keabadian

  83. Anonymous berkata:

    Wah puisi ini luar biasa,dari membacanya aja bisa terbayang kengerian ribuan orang yg dikubur antara karawang -bekasi… Namun semangat yg diciptakan jg tidak kalah hebatnya

  84. Vhtrii Vhiit Eagle Scout berkata:

    Kereeen Buagetsssss

  85. keren bangetzzzzzzz makasih yaa…

  86. wulanzha berkata:

    wahhhhh.krn dech,,puisi krawang bekasi mmbuat aq merindin, ,thenk ya khairl anwar

  87. wulanzha berkata:

    bagus bgetzzzzz,,smpai2 menetes kan air mata^_~ ~_~ ^_^….
    by,,wulhanzha,,

Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 105 other followers

%d bloggers like this: